JADILAH GURU YANG MERDEKA, TIDAK TERLALU PATUH PADA KURIKULUM

TRIBUNEWS.MY.ID_Guru di Indonesia dinilai terlalu terpaku pada kurikulum. Hal ini dikatakan Ketua Dewan Pengawas Federasi Serikat Guru Indonesia ( FSGI) Retno Listyarti. "Guru kita itu patuh betul sama kurikulum. Padahal kurikulum itu kayak menu makan siang yang bisa kita pilih,"

Ia menjelaskan, materi pelajaran dalam kurikulum banyak yang ia sebut sebagai "sampah" sehingga hanya menjadi beban bagi murid. Banyaknya bahan yang harus dipelajari menyebabkan beban siswa semakin berat dan mengakibatkan stres. 

 Apakah Gaji Guru Pengaruhi Kualitas Pendidikan? Hasil Akreditasi Menunjukkan Kualitas Guru di Bawah Rata-rata "Artinya kurikulum kita ini sebenarnya sarat beban. Bahkan banyak pengetahuan sampah yang tidak perlu di dalam kurikulum kita, sehingga kasihan anak kita dididik dengan cara seperti itu," kata Retno. Ia berpesan agar para guru menjadi lebih merdeka dan kreatif. 


Menurut pandangannya, seorang guru seharusnya dapat memilah-milah bahan mana yang perlu didalami dan mana yang perlu untuk diketahui tanpa perlu didalami. "Jadilah guru yang merdeka, jadilah guru yang memilih poin mana yang perlu tahu atau cukup tau dengan membaca, yang tidak perlu didalami. Seharusnya guru itu kreatif kurikulum," ujar Retno. 

Selain itu, seiring dengan revolusi industri 4.0, diharapkan pola pikir para guru juga ikut berevolusi. Seorang guru seharusnya tetap dapat mengajar dengan baik dan menjadi pengajar yang berkualitas. Retno berpendapat, meski menteri berganti, kurikulum berganti, hingga jika tidak ada kurikulum sekalipun guru tetap bisa mendidik.

Untuk mewujudkannya, FSGI mendorong diadakannya pelatihan yang berkualitas bagi para pengajar. "Kami mendorong pelatihan, tapi dipetakan dulu, jangan asal menghabiskan uang proyek, tapi bagaimana guru-guru diberi pelatihan yang berkualitas, sistematis," tegasnya.

Sumber: sekolahdasar.net

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "JADILAH GURU YANG MERDEKA, TIDAK TERLALU PATUH PADA KURIKULUM"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel